Padukan Idealisme dan Pragmatisme Mahasiswa

Idealisme adalah pola pikir akan pandangan ke depan yang dianggap benar berdasarkan pengalaman,pengetahuan,dan kebiasaan. Pragmatisme merupakan pemahaman yang bersifat tidak tetap,terus tumbuh, dan bagaimana penerapannya. Kedua paham ini sangat bertentangan. Bagaimana menyatukan paham ini agar menumbuhkan pemikiran-pemikiran positif dalam pengembangannya.

Mahasiswa sebagai penerus bangsa saat ini membutuhkan pemahaman akan paham pembentukan sikap kedepannya. Penanaman akan paham-paham pembentukan karakter sangat diutamakan. Bagaimana bangsa ini bisa maju jika penerusnya tidak berkarakter. Untuk itulah dibutuhkan karakter yang sesuai kebutuhan pengembangan bangsa ini. Paham apa yang seharusnya mereka pilih?

Idealisme merupakan paham yang bersifat perubah. Apakah karakter penerus harus selalu mengikuti paham yang membiarkan mereka mengikuti arus kenyataan. Beginilah mereka, beginilah seterusnya?. Idealisme membangun pola pikir mereka. Bagaimana mereka menyusun pola pikir akan pandangan mereka ke depan. Akan jadi apa? Seperti apa?. Idealisme semakin menguatkan mereka akan pemahaman-pemahaman baru seiring bertambahnya pengalaman,kebiasaan,dan pengetahuan mereka.

Bila kita merujuk ke pengertian idealis seperti kata Merriam-Webster Online Dictionary, seseorang yang mengikuti suatu teori atau falsafah (paham) adalah seorang idealis, di mana orang ini akan menjadi idealis yang membawa pemikiran sesuai yang dipahaminya jika bertemu seorang idealis dari ‘aliran’ lain. Ini lebih condong kepada filsafat.(Bramono,2007)

Pentingnya idealisme pada pembentukan karakter mahasiswa adalah akan menciptakan mahasiswa yang berpola pikir kritis. Bukan berarti idealisme akan terus bersikeras mengikuti pemahamannya akan suatu masalah. Idealis berarti memiliki pemahaman yang berkarakter. Itu jauh lebih baik daripada hanya sekadar menjadi manusia yang tidak berkembang.

Idealisme memang memiliki kekurangan atau dampak negatif. Kekurangan itu adalah jika seorang idealis bertemu dengan orang idealis lainnya. Maka mereka akan saling mempertahankan pemahaman masing-masing. Dampak inilah yang menyebabkan terjadinya pertentangan akan pemahaman satu sama lain. Untuk itu mahasiswa berkarakter juga memerlukan sikap toleran agar tidak terjadi pertentangan dari pemahaman yang lain. Ambil saja dampak positip dari pemahaman idealis tersebut. Tidak salah menjadi idealis. Menjadi terlalu idealislah yang menyebabkan masalah.

Idealis berarti memiliki pemahaman akan keinginan bahwa apa yang menurut mereka benar pasti akan mereka dapatkan kemudian. Bila mahasiswa saat ini mempunyai karakter yang tidak dibarengi dengan tindakan,maka pemahaman mereka itu hanya sekedar mimpi atau khayalan semata.

Selain pemahaman idealis tadi, mengapa tidak dipadukan dengan paham pragmatisme?. Memang pemaham ini sangat bertentangan. Pragmatisme berarti pemahaman yang besifat langsung bagaimana penerapannya sesuai keadaan. Pragmatisme dapat di artikan juga sebagai motivasi. Yang berarti orang yang berpahaman seperti ini akan selalu mempunyai motivasi untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Ia akan melakukan semua yang menurutnya benar untuk mencapai keinginannya.

Menurut Abraham Maslow (1943;1970) manusia melakukan tindakan untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam teori hierarki of need menyatakan bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. (serbasejarah,2011)

Pemahaman seperti ini juga mempunyai kekurangan dan kelebihan dalam penerapannya. Jika seorang mahasiswa memiliki karakter seorang pragmatisme berarti ia akan selalu melakukan apapun demi mencapai keinginannya. Positifnya ia pasti selalu berusaha dalam pencapaiannya. Negatifnya ia akan melakukan apapun sehingga tidak mengindahkan batasan-batasan pada pencapaiannya. Pemahaman seperti ini harus dibarengi dengan pemahaman moral dan etika.

Dari kedua pemahaman diatas, jika mahasiswa penerus bangsa ini ditanamkan karakter yang berbeda secara bersamaan, dengan pertimbangan sisi posotif dari kedua pemahaman tersebut, maka akan menciptakan penerus yang berkarakter membangun bangsa.

Idealisme yang mempunyai pemahaman akan cita-cita dan perubah. Pragmatisme yang mempunyai pemahaman selalu memotivasi,bersungguh-sungguh,dan tekun. Jika kedua pemahaman ini terus ditanamkan sehingga menghasilkan penerus bangsa yang berkarakter membangun. Tidak perlu diragukan lagi, mahasiswa bangsa ini tidak lagi perlu bersitegang masalah pendapat dan pemahaman mereka.

Sehingga mengurangi tingkat kerusuhan dan tumpah darah yang konyol. Karakter yang selalu membangun ini, akan menumbuhkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dan kesungguhan dalam pelaksanaannya. Demi bangsa ,bersama-sama, bergandeng tangan, untuk Indonesia lebih maju!!.

Link :  Habis Lubis 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Padukan Idealisme dan Pragmatisme Mahasiswa"

Post a Comment